Memasuki ke masa menuju Adaptasi Kebiasaan Baru atau new normal di tengah pandemi corona, protokol kesehatan di tempat kerja atau kantor harus disiapkan. Upaya kesiapan tempat kerja harus seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi pandemi Covid-19.
Sesuai kebijakan dan arahan Kepala Pusat Studi Wanita Universitas Gadjah Mada (PSW UGM) Dr. Widya Nayati, M.A. pada saat memasuki Masa Adaptasi Kebiasaan Baru perlu memiliki prosedur safety dengan menerapkan protokol kesehatan diantaranya adalah sebelum karyawan masuk kantor (Work From Office) dan menjalani aktivitas seperti biasanya, areal perkantoran yang sudah tidak ditempati dengan jangka waktu lama akibat karyawan bekerja dari rumah atau work from home tentu harus dibersihkan dan steril, memastikan sanitasi kantor dibersihkan sebelum kantor dibuka kembali.
Menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan di pintu masuk bagi karyawan dan tamu.
Memastikan persediaan pembersih seperti sabun dan hand sanitizer di setiap ruangan hingga masker cukup.
Bagi setiap karyawan dan tamu sebelum masuk area kantor wajib melepas alas kaki dan mengganti alas kaki yang disediakan oleh PSW UGM, begitupun sebaliknya pada saat keluar kantor, maka wajib melepas alas kaki dan berganti dengan alas yang telah di bawa tadi tidak lupa seprot Alas kaki dengan disinfektan
Memperhatikan physical distancing dimana diatur jarak aman antar karyawan minimal yaitu 2 meter. Selain itu, jumlah karyawan yang bekerja di kantor harus dibatasi dengan menerapakan sistem Sift.
menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun harus terus digencarkan.
Menghimbau kepada karyawan yang memiliki gejala seperti demam, nyeri tenggorokan, batuk, pilek, sesak nafas untuk tidak masuk kantor terlebih dahulu, dan segera memeriksakan diri.
Mari kita jaga diri kita dan orang-orang disekitar kita dari Virus Covid-19.