Kegiatan Pelatihan PSW UGM dalam rangka Short Course IPDN ‘Pelatihan Metodologi Penelitian Berperspektif Gender’ tanggal 10 – 12 Mei 2012 di UC UGM

Pusat Studi Wanita UGM pada tanggal 10 – 12 Mei 2012 di University Club UGM mengadakan Pelatihan Metodologi Penelitian Berperspektif Gender dengan peserta dari IPDN yang berasal dari Kampus IPDN Riau, Kampus IPDN Jatinangor, Kampus IPDN Makasar, dan Kampus IPDN Papua berjumlah 28 orang.

Pembicara dalam pelatihan tersebut adalah Prof. Dr. Moh. Mohtar Mas’oed; Dr. Wening Udasmoro, M.Hum; Prof. Dr. Purwo Santoso; Dr. Siti Muti’ah Setiawati, M.A.; Dr. Budi Wahyuni, M.M., M.A.; Ir. Harsoyo, M.Ext.Ed; dan Sri Natin, S.H.,S.U. sedangkan sebagai pembicara kunci adalah Wakil Rektor Senior Bidang P3M UGM, yaitu Prof. Dr. Retno Sunarminingsih, M.Sc.,Apt.

Pelatihan tidak hanya diberikan di dalam ruangan tetapi juga di lapangan, yaitu mengunjungi Desa Umbulhardjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Kegiatan lapangan tersebut mengunjungi sentra kerajinan batik, kerajinan makanan kecil, dan kerajinan batu. Peserta juga diberi kesempatan untuk mengunjungi obyek wisata Lava Tour di Kinahrejo dan sekitarnya.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung tiga hari tersebut dan diakhiri dengan foto bersama antara Kepala PSW UGM dengan seluruh peserta diharapkan memperkaya wawasan dan pengalaman tentang cara penelitian gender bagi peserta dari IPDN serta dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian gender sehingga dapat bermanfaat untuk pembangunan.